Energi Panas Bumi Indonesia

Pengertian Geothermal Secara Umum


pengertian geothermal

Kita mungkin sering kali mendengar dengan nama energi panas bumi atau geothermal. Namun secara umum mungkin pengertian dari energi panas bumi ini sendiri belum banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Energi panas bumi sendiri sering kita jumpai di beberapa negara maju saat ini yang dimana sebagian besar dari energi panas bumi ini sendiri terbentuk dari alam (gunung berapi) yang dimanfaatkan sebagai salah satu sumber daya manusia. Geothermal sudah banyak digunakan sebagai salah satu pembangkit listrik tenaga uap. Namun sebenarnya hasil dari energi panas bumi ini sendiri dalam segi pemanfaatan geothermal mungkin sangat banyak tidak hanya sebagai pembangkit listrik saja. Energi panas bumi berasal dari uap panas yang dihasilkan dari gunung berapi aktif. Jika di indonesia memiliki banyak sekali gunung berapi yang masih aktif, itu artinya geotherma di negara kita sangat banyak dan bisa dimanfaatkan untuk hal-hal yang produktif. Berikut adalah pengertian geothermal yang harus kita ketahui secara umum

Pengertian Geothermal

Geothermal adalah sebuah sumber daya energi yang berasal dari perut bumi yang termasuk sumber energi baru saat ini. Nama geotherma sendiri diambil dari sebuah nama dari bahasa yunani. Geo dalam bahasa yunani artinya PANAS, sedangkan Thermal yang berarti BUMI. Jadi secara umum pengertian dari geothermal adalah energi panas yang dihasilkan dari panas bumi.

Di indonesia sendiri sebagai negara yang memiliki iklim tropis, sangat banyak sumber energi panas bumi, dan saat ini tercatat sudah puluhan perusahaan menggunakan geothermal sebagai pembangkit tenaga listrik untuk kebutuhan produksi. Secara garis besar apabila di indonesia bisa memanfaatkan energi panas bumi ini, kemungkinan pembangkit listrik tenaga air dan tenaga diesel akan banyak beralih ke geothermal, selain hasil panas bumi ini ramah lingkungan, juga bisa di ambil langsung dari sumber daya yang ada di indonesia.

Geothermal sekarang ini sudah banyak digunakan oleh beberapa negara maju, tercatat sudah 77 negara yang sudah menggunakan geothermal. Salah satu negara yang sudah menggunakan geothermal paling maju di dunia adalah Amerika Serikat. Di tahun 2010 tercatat di Amerika Serikat sudah memiliki 77 pembangkit listrik tenaga panas bumi yang memproduksi lebih dari 3000 Mega Watt. Amerikan serikat juga salah satu lokasi yang paling banyak terdapat energi panas bumi, lokasi yang memiliki hasil energi panas bumi di Amerika adalah Geysers, California.

Selain sebagai pembangkit tenaga listrik, geothermal juga berfungsi sebagai pemanasan, jika di negara yang memiliki 4 musim, energi panas bumi ini dimanfaatkan sebagai penghangat ruangan. Geothermal akan menjadi salah satu energi yang paling penting untuk kelangsungan hidup manusia disaat energi bumi sudah menipis.

Energi geotehermal memiliki banyak potensi dan harapan untuk memainkan peran penting di pasar energi global. Kemajuan teknologi dan iptek harus membuat biaya modal untuk proyek panas bumi menjadi turun sehingga listrik tenaga geothermal terjangkau di berbagai area di seluruh dunia. Memanfaatkan energi bumi akan menyelamatkan siklus manusia yang semakin hari kebutuhan menusia semakin meningkat.

Itulah pengertian dari pada energi panas bumi atau geothermal. Penjelasan diatas adalah penjelasan tentang pengertian geothermal secara umum. Yang mungkin saja masih banyak sekali pengertian dan penjelasan dari energi panas bumi ini. Semoga artikel tentang geothermal bisa membuat penjelasan bagi Anda yang belum banyak mengerti apa itu geothermal ? dan apa manfaat geothermal ?

Have any Question or Comment?

3 comments on “Pengertian Geothermal Secara Umum

[…] Dampak Negatif Geothermal Bagi Bumi – Tahukan anda mengenai apa itu energi geothermal? Mungkin bagi sebagian masyarakat awal energi geothermal merupakan suatu energi yang masih cukup asing bagi kehidupan mereka. Pasalnya di negera-negara berkembang seperti Indonesia masih sangat dominan dalam penggunaan energi pembangkit yang berkekuatan atau berasal dari tenaga air dan juga tenaga uap. Namun, semakin berkembangnya teknologi di zaman ini penggunaan energi bumi layaknya geothermal semakin banyak mendominasi dalam beberapa kehidupan terutama dalam pembangkit tenaga listrik yang banyak digunakan saat ini. Geothermal sendiri merupakan salah satu energi yang berasal dari inti atom bumi yang memanfaatkan energi panas dalam beberapa kehidupan modern saa ini. Apa itu geothermal? […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *