Energi Panas Bumi Indonesia

Potensi Energi Geothermal Kamojang


Potensi Energi Geothermal Kamojang

Potensi Energi Geothermal KamojangGeothermal atau yang lebih dikenal sebagai energi panas bumi merupakan salah satu potensi energi yang  mulai banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia di bumi. Sebagai energi yang berasal langsung dari dalam kerak bumi tentu pemanfaatan energi geothermal juga berpotensi dapat membantu berbagai keadaan terutama dalam penggunaan energi listrik di suatu negara. Tak hanya di manfaatkan di luar negeri saja, di Indonesia juga terdapat cadangan energi geothermal yang sangat melimpah, hampir 40% geothermal dunia ada di Indonesia. Sebagian besar energi geothermal yang ada di Indonesia justru terdapat pada daerah konservasi serta hutan lindung yang tersebar di Pulau Jawa, Bali dan juga Sumatera.

Pengembangan energi panas bumi bermula dari belahan negara di Benua Eropa tepatnya di Italia. Awalnya seorang penemu bernama Piero Ginori Conti mencoba menguji sebuah generator panas bumi di sebuah daerah di Italia yang bernama Tuscany. Pada saat itu para ilmuan memanfaatkan energi panas sebagai tenaga pembangkit listik bermuatan kecil. Memang pada mulanya hanya sebagian kecil saja yang dapat mereka gunakan namun dengan semakin berkembangnya dunia teknologi yang semakin canggih maka pemanfaatan energi panas bumi semakin dikembangkan untuk kemudian dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lebih besar. Dalam hal ini mendorong para ahli geologi semakin tertarik untuk mengadakan penelitian dan survei pada daerah pegunungan berapi. Dimana daerah tersebut diperkirakan yang paling banyak mengandung energi panas bumi yang berasal dari inti atomnya.

Sebagai negara yang memiliki pegunungan berapi terbesar, tentu Indonesia diperkirakan memiliki jumlah energi panas bumi yang sangat melimpah, salah satunya seperti yang ada di wilayah Kamojang, Jawa Barat. Daerah gunung berapi yang memiliki kawah panas bumi ini memang mulai dilirik oleh berbagai ahli geologi untuk bisa memanfaatkan kekayaan energi panas bumi yang ada di sana. Sebenarnya pengeksploitasian daerah ini sudah dilakukan sejak lama sekitar tahun 1971. Mengetahui jika daerah ini menyimpan energi geothermal yang cukup melimpah maka perkembangan semakin dilakukan untuk memperoleh hasil dari energi paans bumi sebagai tenaga pembangkit listrik yang kemudian dikelola oleh beberapa perusahaan besar Indonesia seperti Pertamina dan PLN

Pertamina dan PLN adalah dua perusahaan yang sama-sama memanfaatkan energi geothermal Kamojang sebagai bahan olahan utama pembangkit mereka. Namun, setelah tahun 2003 perusahaan Pertamina sudah tidak memiliki hak monopoli atas daerah di Kamojang dan harus diserahkan ke anak perusahaannya. Salah satu anak perusahaan PT Pertamina yang mengelola langsung geothermal Kamojang ini adalah PT Pertamina Geothermal Energy di Kamojang atau yang lebih dikenal sebagai PT PGE Kamojang. Perusahaan ini mulai aktif mengelola energi geothermal kamojang pada tahun 2006 hingga terkenal sebagai salah satu perusahaan yang menggunakan daerah Kamojang sebagai daerah yang memiliki cadangan geothermal yang cukup melimpah.

Tak berbeda jauh dari PT Pertamina, PLN juga diharuskan menyerahkan mengelolaan energi geothermal di daerah Kamojang ini ke anak perusahaannya. Saat ini perusahaan pembangkit tenaga listrik di daerah Kamojang ada di bawah naungan PT Indonesia Tower yakni anak perusahaan dari PT PLN Indonesia, Tbk. Kini dengan semakin banyaknya kebutuhan listrik di penjuru Indonesia, PT Indonesia Tower semakit giat dalam membangun beberapa unit bisnis pembangkit listrik di Kamojang atau yang lebih dikenal dengan UBP Kamojang. Dimana UBP ini terbagi menjadi sub bisnis yang membawahi Kamojang, Darajat dan juga Salak.

 

Have any Question or Comment?

One comment on “Potensi Energi Geothermal Kamojang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *