Energi Panas Bumi Indonesia

Pengertian dan Sumber Energi Panas


Pengertian dan Sumber Energi Panas

Pengertian dan Sumber Energi Panas – Tahukah anda mengenai energi panas? Sebenarnya energi panas tak lepas dari kehidupan manusia di bumi ini dan hampir setiap hari energi panas digunakan dalam kehidupan anda sehari-hari. Tanpa anda ketahui dan sadari sebenarnya pemanfaatan energi panas sudah digunakan sejak zaman dahulu kala, namun karena kurang diperhatkan dan dikelola dengan baik maka saat ini potensi energi panas masih begiti melinpah dan bahkan dapat dihasilkan oleh beberapa keadaan di bumi ini. Untuk macam energi panas sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, dimana dihasilkan dari sumber yang berbeda-beda. Pada pembahasan kali ini akan sedikit menguraikan tentang pengertian sumber energi panas dan macam-macamnya.

Pengertian Sumber Energi Panas

Sumber energi panas adalah sebuah benda yang dapat menghasilkan energi panas untuk kemudian dapat disalurkan ke media untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan. Dari pengertian tersebut energi panas tak hanya berasal dari satu atau macam energi saja, melainkan ada beberapa sumber yang dapat menghantarkan panas sehingga energi dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya. Di bawah ini adalah beberapa sumber energy panas yang dapat anda ketahui.

Macam-macam sumber Energi Panas

  1. Sumber Energi Panas Bumi

Sumber energi panas bumi adalah salah satu komponen sumber energi yang berasal dari dalam inti atom bumi. Inti atom bumi adalah bagian dalam bumi yang memiliki panas berasal dari tenaga tektonik bumi dan juga dapat dihasilkan dari penyerapan panas matahari ke permukaan bumi yang kemudian di simpan ke dalam inti atom bumi selama jutaan tahun lalu. Kini sumber energi panas bumi yang disebut juga sebagai energi geothermal merupakan energi terbarukan yang mulai dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga yang menggantikan penggunaan energi fosil. Sebagai energi yang berasal dari dalam bumi tentu energi ini relatif lebih bersih sehingga manfaatnya lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan penggunaan energi gas, atau air yang sepeperti saat ini. Di Indonesia sendiri energi panas bumi (geothermal) begitu melimpah, dimana Indonesia menyimpan 40% dari total energi panas bumi dunia. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan jika dapat dikelola dan dimanfaatkan untuk hasil yang lebih baik.

  1. Sumber Energi Panas Matahari

Sumber energi panas matahari adalah energi panas yang berasal langsung dari radiasi matahari yang dihasilkan oleh percikan api yang berasal dari atom matahari. Sumber energi ini begitu sangat terasa dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya energi panas matahari sangat besar namun karena letak bumi yang begitu jauh dari matahari dan juga adanya lapisan amosfir dalam bumi maka energi ini masih dapat dinetralkan sehingga makhluk hidup yang tinggal di bumi hanya seperbagian saja dapat merasakan panasnya energi matahari ini.

  1. Sumber Energi Panas Api

Sumber energi panas api adaah salah satu macam sumber energi yang dapat dihasilkan dari api. Api berasal dari gesekan ke dua belah benda yang kemudian menghasilkan panas sehingga dapat memercikan api yang kemudian dapa dimanfaatkan dalam kehidupan mnusia sehari-hari. Kini sumber energi panas api semakin dimodifikasi dengan penggunaan korek api, kompor, kondukor dan alat lainnya.

Itulah beberapa macam sumber energy panas yang dapa dihasilkan melalui beberapa sumber. Sebagai negara yang memiliki banyak gunung api dan juga dilalui oleh garis khatulistiwa tentu potensi sumber panas energi di Indonesia begitu sangat melimpah. Energi bisa saja dimanfaatkan untuk hal yang lebih bermanfaat jika dapat dikelola dengan sebaik-baiknya.

Have any Question or Comment?

3 comments on “Pengertian dan Sumber Energi Panas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *