Energi Panas Bumi Indonesia

Manfaat Energi Alternatif Matahari Bagi Bumi


Manfaat Energi Alternatif Matahari Bagi Bumi

Manfaat Energi Alternatif Matahari Bagi Bumi – Tahukan anda mengenai apa itu energi alternatif? Energi alternatif atau yang bisa disebut sebagai energi pengganti adalah sebuah energi yang akan menggantikan energi utama jika ketersediaannya mulai menipis ataupun habis. Kini energi alternatif lebih condong mengarah pada sebuah energi matahari atau energi surya yang mana ketersediaannya masih sangat melimpah di bumi. Energi matahari adalah energi yang dihasilkan dari cahaya panas matahari yang kemudian di resap melalui permukaan bumi yang mana sebagian energi ini tersimpan di dalam perut bumi atau yang lebih dikenal dengan energi panas bumi (geothermal). Saat ini kandungan energi matahari yang ada di bumi masih begitu melimpah karena belum terlalu banyak digunakan.

Dari pancaran sinar matahari yang dihasilkan sekitar 70 persen dari totalnya diresap ke dalam permukaan bumi dan sisanya sekitar 30 persen kembali ke luar angkasa. Jika dibayangkan begitu melimpahnya energi matahari yang terserap ke dalam permukaan bumi kita saat ini. Dapat dibayangkan jika dalam 1 jam energi matahari mampu menghasilkan panas dan di serap ke dalam permukaan bumi maka jumlah energi yang tersimpan ke dalam bumi bahkan dapat dimanfaatkan sebagai sebuah sumber energi alternatif yang dapat memenuhi kebutuhan energi dunia hingga 1 tahun lamanya. Tentu dari gambaran tersebut sumber energi alternatif matahari yang tersimpan di dalam bumi begitu banyak dan melimpah.

Dengan potensi sumber alternatif matahari yang begitu melimpah tentu ketersediaan dari energi ini dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi pengganti batu bara, minyak bumi dan energi fosil lainnya. Jika energi fosil bumi diperkirakan terus menipis dan bahkan terancam habis, namun berbeda dengan energi matahari yang terus berproduksi hingga tak akan pernah habis, tentu ketersediaannya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan di bumi.

Manfaat yang sangat nyata dari penggunaan energi alternatif matahari ini adalah dapat digunakan sebagai tenaga pembangkit listrik. Jika tenaga pembangkit listrik masih di dominasi dengan penggunaan tenaga air dan juga tenaga uap, maka sangat efisien sekali jika tenaga pembangkit listrik dunia mulai di alihkan dengan penggunaan energi alternatif dari matahari ini. Jika di lihat dari manfaatnya tentu energi matahari memiliki manfaat yang jauh lebih besar dibandingkan dengan jenis energi lainnya. Namun sayangnya potensi energi yang cukup melimpah masih belum di dukung dengan adanya pengelolaan yang lebih baik. Hal inilah yang justru menyebabkan adanya dampak negatif dari pemanfaatana energi matahari.

Manfaat Energi Alternatif Matahari Bagi Bumi

  • Sebagai Energi Utama Bumi

Jika dihitung dan dibandingan dengan jenis energi lainnya, ketersedian sumber energi panas bumi atau energi matahari begitu sangat melimpah, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai energi utama bagi bumi yang dapat menggantikan kompenen dari energi sebelumnya.

  • Pembangkit Listrik Dunia

Dari jumlah resapan energi matahari yang terus dihasilkan tentu potensi dari energi alternatif ini dapat dikembangkan menjadi sebuah energi untuk pembangkit listrik dunia. Di Indonesia pemanfaatan energi matahari sebagai tenaga pembangkit listrik atau yang lebih dikenal dengan sebutan PLTPB (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) ini juga mulai dikembangkan oleh beberapa perusahaan besar BUMN Indonesia seperti Chevron Indonesia, Pertamina, PLN, dan lainnya.

  • Sebagai Energi yang Ramah Lingkungan

Energi yang langsung di hasilkan di dalam inti bumi ini diperkirakan bersifat jauh lebih bersih jika dibandingkan dengan penggunaan energi fosil yang banyak membuang gas polusi di udara.

Dari manfaat energi alternatif matahari bagi bumi yang begitu besar tentu ada sebuah kekurangan yang mana tak dapat dihindarkan dari manfaatnya yang begitu besar bagi kehidupan bumi di masa datang. (Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Energi Matahari)

 

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *