Energi Panas Bumi Indonesia

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari


Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari – Matahari sebagai salah satu sumber utama di bumi tentu dapat menjadi energi alternatif untuk masa yang akan datang. Energi alternatif merupakan energi pengganti dari energi yang telah habis. Saat ini kebutuhan energi utama di bumi masih di dominasi oleh penggunaan bahan bakar fosil, tenaga air dan juga tenaga uap. Ke tiga elemen energi tersebutlah yang justru diperkirakan semakin menipis ketersediaannya hingga dapat diperkirakan habis di masa akan datang. Kini dengan cadangan energi matahari yang terus di produksi hingga memiliki potensi yang begitu melimpah, tentu pemanfaatan energi matahari di masa saat ini penting untuk dilakukan.

Sebagai energi terbarukan dan juga dapat menjadi energi alternatif di bumi, pemanfaatan energi matahari dirasa memiliki kelebihan dibandingkan dengan penggunaan sumber energi lainnya. Selain berasal dari bumi pembuangan gas bakar dari energi matahari pun juga tak sebanyak dengan pemanfaatan energi lainnya. Hal inilah yang justru mendorong penggunaan energi matahari yang akan dimanfaatkan sebagai energi utama pembangkit listrik dunia. Di Indonesia sendiri pemanfaatan energi listrik memang masih terbilang sangat sedikit, selain pembangkit listrik Indonesia yang masih di dominasi dnegan penggunaan energi air dan energi uap, kecanggihan teknologi dan peralatan dalam pengelolaan energi matahari juga masih belum didukung secara lengkap.

Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari

Sinar matahari yang terus mengeluarkan energi panasnya setiap hari membuat sebagian besar kandungan panas matahari diresap ke dalam permukaan bumi yang kemudian tersimpan di dalam perut bumi bersama partikel penyusus lainnya. Keadaan matahari yang selalu mengeluarkan sinar di sepanjang waktu tentu jika dihitung berapa banyakkah sumber energi yang dihasilkan dan yang sudah di simpan di dalam perut bumi saat ini. Sebenarnya perut bumi yang memiliki potensi energi panas tak semata-mata hanya besaral dari energi panas matahari saja, melainkan juga berasal dari aktivitas tektonik yang justru memiliki panas yang sangat luar biasa dimana panas ini akan memuntahkan energinya jika kandungan di bawahnya sudah semakin menumpuk hingga tak ada ruang lagi untuk memproduksinya. Kejadian inilah yang sering kita kenal dengan sebutan letusan gunung berapi.

Saat ini dengan diketahuinya jika kandungan energi panas matahari yang sangat melimpah, banyak perusahaan pembangkit di negara luar yang mulai memanfaatkan energi ini sebagai energi pembangkit listrik tenaga panas matahari (PLTPM). Di Indonesia sendiri meskipun terbilang masih snagat tabu akan sumber energi panas matahari ini, namun beberapa perusahaan besar juga mulai beroprasi dengan memanfaatkan adanya sumber energi matahari sebagai pembangkit listrik di sejumlah titik wilayah tertentu.

Keuntungan dan Kekurangan dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari (PLTPM)

Keuntungan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari

  1. Energi Tidak Bisa Habis

Cahaya surya atau matahari yang terus berproduksi membuat energi ini diperkirakan tidak akan bisa habis meskipun digunakan hingga masa yang akan datang. Perbedaan inilah yang membuat energi matahari semakin banyak digunakan sebapai pembangkit listrik dunia.

  1. Lebih Ramah Lingkungan

Berasal dari langsung dari cahaya matahari tentu enerhi ini jauh lebih bersih dan juga sedikit membuang gas ke atmosfir bumi.

Kekurangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari

  1. Tidak dapat diproduksi jika keadaan sedang mendung
  2. Peralatan yang digunakan relatif lebih mahal
  3. Biaya perawatan dan juga lainnya juga lebih mahal
  4. Belum banyak diterapkan sehingga sedikit sulit untuk digunakan.

Have any Question or Comment?

One comment on “Pembangkit Listrik Tenaga Panas Matahari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *