Energi Panas Bumi Indonesia

Macam-Macam Contoh Energi Alternatif di Bumi


Macam-Macam Contoh Energi Alternatif di Bumi

Macam-Macam Contoh Energi Alternatif di Bumi – Energi alternatif adalah salah satu energi yang akan menggantikan dari penggunaan sumber energi fosil atau minyak bumi yang saat ini menjadi sumber energi utama di bumi. Karena ketersediannya yang terus digunakan, tentu energi ini semakin sedikit akan keberadaannya, dengan begitu jika tidak diimbangi dengan pemanfaatan energi alternatif tentu sumber energi yang ada di bumi akan semakin terpuruk dan tidak ada energi yang dapat digunakan. Kini energi alternatif semakin dikembangkan dengan adanya beberapa negara maju yang sudah menerapkan penggunaan energi ini untuk kehidupan sehari-hari seperti kebutuhan energi rumah tangga dan lain-lain. Sebagai energi terbarukan dan menjadi energi pengganti dari sumber energi utama tentu manfaat dari beberapa macam sumber energi ini sangat besar dan tentunya dapat menyuplai kebutuhan energi di bumi.

Macam-macam dan Contoh Energi Alternatif di Bumi

  • Matahari

Diketahui jika sumber energi matahari yang sampai ke bumi begitu besar dan terus berproduksi setiap massanya. tntu energi terbarukan ini dapat memenuhi kebutuhan energi manusia di bumi dan juga makhluk hidup lainnya. Matahari yang memiliki sumber energi panas kini juga mulai dimanfaatkan sebagai pembangkit istrik tenaga matahari (PLTM) yang sudah diterapkan di beberapa negaja maju dan berkembang seperti di Indonesia.

  • Panas Bumi

Energi panas bumi atau yang lebih dikenal dengan energi geothermal merupakan salah satu sumber energi alternatif yang berasal dari dalam bumi atau perut bumi. Energi ini berasal dari panas matahari yang diserap oleh bumi dan kemudian dikumpulkan di dalam perut bumi bersama partikel lainnya. Namun energi ini juga berasal dari aktivitas tektonik yang terus aktif di dalam bumi sehingga menyimpan energi panas yang sangat luar biasa. Pemanfaatan energi panas bumi atau geothermal juga sudah banyak dilakukan oleh beberapa perusahaan besar yang ada di Indonesia untuk dimanfaatkan sebagai energi pembangkit bertenaga besar.

  • Air

Salah satu sumber energi terbesar setelah matahari ini tentu memiliki potensi terbaik untuk digunakan sebagai energi alternatif. Potensi ketersediaan air yang begitu melimpah membuat energi yang berasal dari air juga digunakan sebagai energi pembangkit listrik atau yang dikenal dengan PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

  • Biomassa

Biomassa adalah energi terbarukan yang dapat dimanfaatkan sebagai energi alternatif untuk massa saat ini dan massa akan datang. Energi biomassa ini dihasilkan dari beberapa kelompok organisme seperti manusia, hewan dan tumbuhan. Salah satu pemanfaatan energi biomassa yang sudah banyak digunakan adalah hasil pembuangan limbah yang dijadikan sebagai biogas energi.

  • Angin

Sumber energi angin juga masuk ke dalam salah satu bentuk energi alternatif yang dapat dikelola untuk beberapa kebutuhan di bumi misalnya saja seperti tenaga kincir angin yang ada di Belanda.

  • Gelombang Air Laut

Sebagai negara kepulauan yang dikelilingi oleh wilayah perairan yang sangat luas, tentu Indonesia memiliki peluang yang sangat besar dalam menciptakan sumber energi yang berasal dari gelombang air laut. Energi yang begitu besar dan didukung dengan luar perairan disana-sini membuat energi ini dapat digunakan sebagai energi alternatif di massa datang.

  • Nuklir

Mungkin energi ini masih begitu tabu di negara Indonesia, namun dibeberapa negara maju layaknya Amerika, Rusia, dan juga negara di benua Eropa lainnya sudah banyak yang memanfaatkan energi nuklir sebagai energi penggerak untuk manfaat yang lebih besar.

Itulah beberapa macam contoh energi alternatif yang tersedia di bumi.

 

Have any Question or Comment?

4 comments on “Macam-Macam Contoh Energi Alternatif di Bumi

[…] Jika mendengan PLTA maka yang terlintas dipikiran anda tidak hanya sebututan untuk pembangkit listrik tenaga air saja melainkan juga untuk pembangkit tenaga api. Energi api sebenarnya tersumber dari beberapa sumber energi yang langsung tersimpan di dalam bumi sebut saja energi matahari atau energi surya. energi geothermal atau energi panas bumi dan juga energi api yang dihasilkan dari pengolahan biomassa dan biofel, untuk kedua jenis energi ini maka silahkan baca di pemanfaatan energi alternatif bumi. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *