Energi Panas Bumi Indonesia

Macam Sumber Energi Listrik


Macam Sumber Energi Listrik

Listrik adalah salah satu sumber energi yang tak mungkin terlepas dari kehidupan manusia modern seperti saat ini. Berbagai kebutuhan yang selalu menggunakan sumber energi listrik membuat potensi ketersediaan kandungan energi ini semakin berkurang setiap harinya. Bertambahnya penggunaan yang tak diimbangi dengan jumlah pasokan listrik yang ada membuat banyak alternatif yang dilakukan oleh beberapa ahli agar ketersediaan energi listrik di bumi tak kehabisan bahan bakunya. Kini banyak sekali sumber energi pembangkit yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan energi di masa depan salah satunya mengenai kebutuhan listrik dunia. Berbagai sumber energi yang paling komplek dan sudah banyak dimanfaatkan saat ini misalnya saja seperti matahari, air, angin, panas bumi dan beberapa sumber energi lainnya. Sebagai energi terbarukan yang tak mungkin habis ketersediaannya membuat beberapa macam sumber energi di bawah ini terus di manfaatkan untuk pemenuhan energi masa depat yang terus terkuras penggunaannya setiap saat.

Beberapa sumber energi listrik di bawah ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi di masa depan dimana ketersediaannya terus diproduksi dan diperkirakan tak bisa habis meskipun digunakan secara terus menerus. (Baca: macam-macam sumber energi alternatif di bumi)

Contoh Macam Sumber Energi Listrik yang Ada di Bumi

  1. Tenaga Matahari

Pemanfaatan sumber energi matahari yang akan digunakan untuk tenaga pembangkit listrik dirasa satu alasan terbaik yang dapat dilakukan oleh manusia di bumi ini. Selain terus memancarkan energi secara terus menerus tentu ketersediaan sumber energi ini dapat disimpan untuk kebutuhan listrik di masa sekarang.

  1. Angin

Angin adalah salah satu sumber energi di bumi yang juga memiliki ketersediaan setara dengan julah energi paans matahari yang terus berproduksi setiap waktunya. Beberapa maju di dunia sudah banyak yang memanfaatkan energi ini sebagai energi alternatif pembangkit listrik dan lain-lain.

  1. Air

Tak berbeda dari dua energi sebelumnya, air juga memiliki jumlah ketersediaan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik saat ini. Beberapa pembangkit listrik dunia juga sudah banyak yang memanfaatkan sumber energi air sebagai penggerak energi listrik di bumi.

  1. Gelombang Laut

Energi yang memanfaatkan tekanan pasang surut laut ini juga memiliki komponen energi yang sangat kuat dan dapat dijadikan sebagai energi listrik yang dapat membantu cadangan energi listrik di suatu negara. Sebagai negara yang memiliki laut yang begitu luas tentu jumlah energi ini dirasa cukup melimpah di negara kita Indnesia, namun pemanfaatannya yang belum maksimal membuat energi ini belum banyak digunakan sebagai energi listrik untuk Indonesia.

  1. Panas Bumi (Geothermal Energy)

Kandungan panas di dalam bumi yang begitu melimpah tentu sumber energi terbesar di bumi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pebangkit listrik di dunia. Saat ini pemanfaatan energi panas bumi atau energi geothermal semakin dikembangkan sebagai salah satu sumber energi alternatif di bumi.

  1. Biomassa

Sumber energi yang berasal dari pelapukan bberapa organisme di bumi ini juga memiliki jumlah kandungan energi yang dapat digunakan untuk kehidupan manusia salah satunya sebagai sumber energi listrik di bumi.

     7. Hidro Elektrik

Sumber energi yang berasal dari daerah bendungan ini juga banyak dijadikan sebagai pembangkit turbin listrik di beberapa negara seperti Indonesia salah satunya.

Itulah beberapa contoh sumber energi listrik yang dapat dijadikan sebagai sumber energi alternatif di bumi. Ketersediaannya yang begitu melimpah tentu sumber energi ini dapat memenuhi kebutuhan listrik dunia. Manfaatkan dan kelola potensi sumber energi bumi yang tersedia saat ini.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *