Energi Panas Bumi Indonesia

8 Macam Energi Terbarukan di Indonesia


8 Macam Energi Terbarukan di Indonesia

8 Macam Energi Terbarukan di Indonesia – Sebagai salah satu negara yang memiliki kekayaan alam yang melimpah ternyata Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang memiliki potensi sumber energi terbarukan yang cukup melimpah pula. Dari sekian banyaknya negara yang ada di dunia, Indonesia menempati posisi ke 3 sebagai negara yang memiliki kekayaan sumber energi terbanyak saat ini. Dengan kekayaan yang cukup melimpah tentu Indonesia dapat dimudahkan dari aspek pemenuhan sumber energi khususnya energi terbarukan yang dapat menggantikan penggunaan energi fosil yang mulai terancam kepunahannya. Kini berbagai sumber energi alternatif seakan dicari dan digunakan sebaik mungkin agar keberadaannya dapat bermanfaat untuk kehidupan makhluk hidup di dunia.

Layaknya negara-negara lainnya, Indonesia yang memiliki potensi sumber energi terbesar juga mulai memanfaatkan akan keberadaan dari beberapa sumber energi tersebut, misalnya saja sebagai pembangkit tenaga listrik, kegiatan penambangan dan lainnya. Di bawah ini akan mengulas tentang beberapa macam energi terbarukan yang ada di Indonesia baik yang dimanfaatkan sebagai energi alternatif ataupun yang belum dimanfaatkan. Berikut penjelasan lengkapnya.

8 Sumber Energi terbarukan di Indonesia

Sumber energi terbarukan adalah salah satu sumber energi yang dapat menggantikan pemanfaatan dan penggunaan sumber energi utama (energi fosil) dimana keberadaan sumber energi ini diprediksikan tidak akan pernah habis meskipun dimanfaatkan dalam jangka waktu yang panjang karena memiliki potensi yang cukup melimpah dan belum banyak dipergunakan akan keberadaannya. Inilah 8 macam energi alternatif terbarukan di Indonesia:

  1. Energi Matahari

Energi matahari atau energi surya adalah sumber energi yang berasal dari cahaya matahari yang sampai ke permukaan bumi. Tenaga matahari ini telah banyak dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan yang salah satunya sebagai pembangkit listrik tenaga matahari atau yang biasa disebut PLTM.

      2. Energi Geothermal (Panas Bumi)

Energi geothermal atau panas bumi adalah salah satu macam sumber energi terbarukan yang mulai banyak dimanfaatkan, sumber energi yang berasal dari dalam inti atom bumi ini memang memiliki tenaga yang sangat kuat dan memiliki jumlah yang sangat melimpah.

      3. Energi Air

Energi air adalah satu diantara banyaknya energi yang telah banyak dimanfaatkan untuk pemenuhan energi dunia yang menggantikan energi fosil. 20% dari total energi dunia didapat dari pemanfaatan tenaga air atau yang sering disebut dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).

      4. Energi Angin

Energi angin adalah sumber energi yang berasal dari gerakan angin, Sumber energi ini banyak digunakan sebagai penggerak kincir angin sebagai pembangkit listrik di beberapa negara. yang paling terkenal dalam penggunaan energi ini adalah di Belanda.

      5. Energi Pasang Surut Air laut

Energi pasang surut air laut adalah satu macam bentuk energi dimana dihasilkan dari gerakan pasang surut aitr laut. Sebagai negara yang memiliki luas perairan yang cukup melimpah tentu pemanfaatan energi ini sangat menguntungkan bagi Indonesia.

      6. Energi Biomassa

Energi terbarukan ini bersal dari organisme yang ada di bumi seperti tumbuhan, hewan dan juga manusia. Pemanfaatannya yang mulai dikembangkan menjadikan sumber energi biomassa dapat dijadikan sebagai salah satu sumber energi alternatif biomassa yang menggantikan energi osil nantinya.

      7. Energi Biofuel

Layaknya energi biomassa yang didapat diperoleh dari beberapa organisme di bumi, pemanfaatan energi biofel juga dapat menjadi salah satu energi terbarukan yang berasal langsung dari sumber hayati.

     8. Energi Gelombang

Energi yang berasal dari aktivitas naik turunnya gelombang laut yang menyebabkan adanya tekanan dan energi.

Itulah ke 8 energi terbarukan di Indonesia yang dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan sumber energi alternatif.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *