Energi Panas Bumi Indonesia

Daftar Pembangkit Listrik di Indonesia


Daftar Pembangkit Listrik di Indonesia

Daftar Pembangkit Listrik di Indonesia – Indonesia merupakan satu diantara banyaknya negara di dunia yang memiliki kekayaan sumber daya energi yang melimpah. Selain memiliki beberapa sumber energi yang cukup melimpah, rata-rata penggunaan atau pengelolaan dari sumber daya energi yang ada di Indonesia juga belum sepenuhnya maksimal. hal ini terbukti di beberapa tahun mendatang negara Indonesia akan diprediksikan mengalami krisis listrik, dimana kebutuhan listrik yang digunakan tak sebanding dengan tenaga yang dihasilkan. Sebagai salah satu masyarakat atau penduduk yang hidup di Indonesia tentu anda akan berfikir atau berangan-angan dengan berbagai sumber energi yang ada di Indonesia yang kemudian dapat dijadikan sebagai sumber atau energi pembangkit listrik di negara ini.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai beberapa daftar pembangkit listrik di Indonesia yang digunakan sebagai sumber utama pengelolaan listrik. Sebenarnya untuk sumber utama pengelolaan pembangkit listrik di Indonesia masih didominasi oleh penggunaan tenaga atau energi air dan juga uap. Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA merupakan sumber utama listrik yang ada di Indonesia, dimana pengelolaan dari sumber energi inilah yang cukup besar dari pemanfaatan sumber energi yang lainnya. peringkat kedua diduduki oleh Pembangkit listrik Tenaga Uap atau PLTU. selain menggunakan sumber energi air, kebanyakan pengolahan listrik di Indonesia juga didomina dengan pemanfaatan energi uap sebagai satu sumber listrik yang dibutuhkan.

Dari kedua sumber energi tersebut, sebenarnya Indonesia memiliki potensi sumber energi alternatif yang dapat digunakan terutama untuk kebutuhan pengelolaan listrik negara dan lainnya. Beberapa sumber energi tersebut dapat di peroleh dari energi panas bumi atau geothermal, energi gelombang laut, energi angin, energi pasang surut dan juga energi nuklir yang mungkin belum terlalu banyak digunakan dan masih dianggap sebagai sumber energi terbarukan yang masih sedikit digunakan di Indonesia.

Di bawah ini adalah daftar pembangkit listrik yang ada di indonesia, dimana rata-rata pembangkit listrik tersebut masih aktif pengelolaannya sampai saat ini.

Daftar Pembangkit listrik di Indonesia

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

1. PLTA Angkup di Propinsì Nangroe Aceh Darussalam
2. PLTA Cirata di Propinsi Jawa Barat
3. PLTA Garung di Propinsi Jawa Tengah
4. PLTA Karangkates di Propinsi Jawa Timur
5. PLTA Paiton di Propinsi Jawa Timur
6. PLTA Moh. Nor di Propinsi Kalimantan Timur
7. PLTA Sadang di Propinsi Sulawesi Selatan
8. PLTA Sentani di Propinsi Papua
9. PLTA Sigura-gura di Propinsi Sumatera Utara
10. PLTA Tes di Propinsi Bengkulu

Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU)

1. PLTU Bukit Asam di Propinsi Sumatera Selatan
2. PLTU Belawan di Propinsi Sumatera Utara
3. PLTU Muara Karang di Propinsi DKI Jakarta
4. PLTU Semarang di Propinsi Jawa Tengah
5. PLTU Gresik di Propinsi Jawa Tìmur

Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG)

1. PLTG Alur Canang di Propinsi Jawa Barat
2. PLTG Kamojang di Propinsi Jawa Barat
3. PLTG Dieng di Propinsi Jawa Tengah

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTB)

1. PLTB Kamojang di Provinsi Jawa Barat
2. PLTB Gunung Salak di Provinsi Jawa Barat

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)

PLTD Balik Papan di Propinsi Kalimantan Timur

Untuk beberapa sumber energi pembangkit listrik lainnya sebenarnya Indonesia masih memiliki beberapa sumber energi yang cukup melimpah, namun karena belum terlalu banyak dikelola dan dimanfaatkan maka beberapa sumber energi alternatif yang sifatnya terbarukan menjadi belum banyak dimanfaatkan oleh negara Indonesia. Mungkin dengan semakin berkembangnya teknologi dan peralatan yang semakin canggih dan modern beberapa sumber energi terbarukan yang dimiliki indonesia semakin dikembangkan dan diambil manfaatnya terutama untuk kebutuhan pembangkit tenaga listrik yang terus dibutuhkan.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *