Energi Panas Bumi Indonesia

Sumber Energi Utama di Bumi yang Tidak Bisa Habis


Sumber Energi Utama di Bumi

Sumber Energi Utama di Bumi – Kita ketahui bumi merupakan planet kehidupan yang masuk ke dalam tata surya dimana planet ini menyimpan banyak sekali potensi mulai dari makhluk hidup, sumber daya alam hingga sumber energi yang dimilikinya. Kini kehidupan yang ada di bumi tentu tak terlepas dari pemanfaatan berbagai sumber daya yang ada di sekitarnya salah satunya dalam pemanfaatan potensi sumber daya energi untuk memenuhi kebutuhan akan suplai energi dunia. Ada beberapa sumber energi yang tersimpan rapi di dalam bumi mulai dari yang sudah dimanfaatkan hingga sumber energi yang masih belum tersentuh karena masih minimnya pengelolaan yang dilakukan oleh manusia. Lantas, apa saja sumber energi yang tersimpan di dalam bumi? Pada pembahasan kali ini akan mengulas tentang macam-macam sumber energi utama di bumi.

Sumber energi utama merupakan salah satu sumber energi yang paling utama di manfaatkan untuk kebutuhan yang ada di bumi ini misalnya saja seperti kebutuhan sehari-hari hingga kebutuhan dalam potensi yang lebih besar misalnya kebutuhan perusahaan hingga yang lainnya. Sumber utama energi tentu tak terlepas dari penggunaannya yang dilakukan untuk berbagai macam kebutuhan. Bumi memang menyimpan berbagai macam bentuk sumber energi namun dari beberapa sumber energi yang ada di bumi tentu jika dimanfaatkan atau diambil secara terus menerus potensinya akan semakin berkurang dan menyebabkan adanya kekurangan suplai sumber energi tersebut. Namun dari beberapa sumber energi tersebut adakalanya yang dinamankan sumber energi terbarukan, dimana sumber energi ini tidak bisa habis meskipun diolah atau dimanfaatkan secara terus menerus. Tentu dari sekian banyaknya energi yang tersimpan di dalam bumi bentuk sumber energi terbarukanlah yang justru harus dimanfaatkan dan diolah sebagai salah satu cadangan sumber energi alternatif yang mana menggantikan peran utama dari penggunaan sumber energi dasar atau sumber energi utama.

Sumber Energi Utama di Bumi

Dapat diketahui jika penggunaan sumber energi dasar atau utama di muka bumi ini terus dilakukan, salah satu sumber utama yang banyak digunakan adalah energi fosil atau minyak bumi. Salah satu sumber energi ini memang diketahui sejak zaman dahulu menjadi salah satu suplai energi utama bagi kehidupan di bumi, dimana hampir seluruh kebutuhan dibumi menggunakan bahan bakar fosil atau minyak bumi misalnya saja seperti kebutuhan listrik, minyak bumi, bahan bakar dan lain-lain. Karena pemanfaatannya yang dilakukan secara besar besaran dan tiada henti, tentu potensi dari sumber daya energi fosil diprediksikan akan mengalami kemrosotan tajam yang mengakibatkan akan adanya kekurangan dari bahan energi fosil ini. Namun, dengan keadaan yang terus berlangsung tentu banyak inisiatif yang dilakukan dalam mengoptimalkan kebutuhan energi salah satunya adalah mengganti bahan utama atau energi utama dengan energi pengganti atau energi alternatif. Dari sekian banyaknya energi berikut ini adalah sumber energi utama di bumi sekaligus digunakan sebagai energi alternatif untuk masa depan.

3 Sumber Energi Utama Bumi

  1. Sumber Energi Matahari atau Surya
  2. Sumber Energi Air
  3. Sumber Energi Angin

Ke 3 sumber tersebut memang menjadi salah satu energi utama bagi bumi yang mana jumlah dan potensi yang ada di 3 macam sumber energi tersebut diperkirakan tidak akan habis meskipun dimanfaatkan dalam jumlah yang sangat besar. Namun, dari ke 3 sumber energi tersebut, beberapa macam sumber energi juga mulai banyak dimanfaatkan misalnya saja seperti sumber energi panas bumi atau geothermal, sumber energi gelombang laut, sumber energi pasang surut air laut, sumber energi biomassa, sumber energi biofel, dll.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *