Energi Panas Bumi Indonesia

Sifat-Sifat Energi Panas Bumi


Sifat-Sifat Energi Panas Bumi

Sumber energi memang sangat penting bagi keberlangsungan setiap makhluk hidup di dalamnya, di bumi ini ada berbagai macam bentuk sumber energi yang ada baik itu yang sudah dimanfaatkan maupun sumber energi yang masih belum termanfaatkan dengan baik. Jika pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan mengenai berbagai macam sumber utama di bumi maka kali ini akan membahas mengenai sifat-sifat dari sumber energi panas bumi yang mana energi tersebut masuk ke dalam salah satu sumber utama yang ada di bumi dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Berbagai macam sumber energi memang memiliki sifat yang berbeda antara satu dengan yang lainnya termasuk juga dengan salah satu sumber energi panas bumi.

Sumber energi panas bumi atau energi geothermal adalah salah satu bentuk sumber energi yang ada di bumi yang mana energi ini berasal langsung dari aktivitas gunung berapi dan intrusi pergerakan magma. Sumber energi yang tersiman rapi di dalam inti atom bumi ini memang memiliki kekuatan panas yang luar biasa yang hampir sama dengan kekuatan energi panas matahari (Baca: Sumber Energi Panas Matahari dan Pembangkit Listrik Tenaga Matahari). Aktivitas gunung berapi yang terus aktif dan juga melalui proses pengangkatan dan perombakan yang mana akan menghasilkan daerah cekungan di sekitar gunung berapi akan menjadi daerah resapan air hujan yang mana akan terus menyimpan kandungan air bersama partikel lainnya di bawah permukaan tanah. Pembentukan sumber panas sendiri sebenarnya di kontrol dengan adanya proses geologi yang ada selama ini. Kegiatan geologi inilah yang secara otomatif menyusun partikel-partikel penyusun energi panas bumi yang ada sejak ribuan abad yang lalu.

Mengetahui adanya cadangan sumber energi alternatif panas bumi yang cukup melimpah, saat ini keberadaan dari salah satu macam energi bumi ini semakin banyak dimanfaatkan terutama untuk menggantikan peran dari energi fosil atau bahan bakar minyak dunia. Sebagai negara yang memiliki cadangan energi panas bumi yang melimpah, Indonesia digadang-gadang akan memiliki banyak keuntungan dari pemanfaatan energi panas bumi yang satu ini, namun meskipun Indonesia memiliki jumlah energi panas bumi yang cukup melimpah namun hal tersebut belum didukung adanya pengelolaan yang lebih untuk memanfaatkan sumber daya energi panas bumi yang ada.

Setelah mengetahui mengenai asal muasal energi panas bumi dihasilkan, maka di bawah ini akan menjelaskan mengenai sifat-sifat sumber energi panas bumi yang dibawa bersama partikel pendukung lainnya.

Sifat-Sifat Energi Panas Bumi

Energi yang berasal dari aktivitas gunung berapi dan magma ini memang memiliki sumber panas yang sangat luar biasa. Di hasilkan dari aktivitas gunung berapi dan kegiatan tektonik di dalamnya membuat sumber energi panas bumi memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dan berjumlah milyaran dibandingkan dengan jumlah energi air dan uap yang sudah banyak dimanfaatkan saat ini.

  1. Panas yang berasal dari pluton granit ini tidak dapat diperkirakan persis letaknya, tidak terlalu dalam.
  2. Suhu panas terbentuk batuan magmatik, kemudian keluar menembus permukaan bumi.
  3. Pembentukan uap panas erat hubungannya dengan kegiatan gunung berapi.
  4. Sumber energi panas bumi terdiri dari : panas bumi sistim uap kering (dry steam), panas bumi sistim uap basah (wet steam), panas bumi sistim batuan kering panas (hot dry rock), panas bumi sistim air panas (hot water).

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *