Energi Panas Bumi Indonesia

Pembangkit Listrik Tenaga Api (PLTA)


Pembangkit Listrik Tenaga Api

Pembangkit Listrik Tenaga Api (PLTA) – Apa itu pembangkit listrik tenaga api? Mungkin jenis pembangkit listrik ini masih sedikit asing bagi sebagai orang, selain masih jarang digunakan mayoritas kebutuhan listrik di negara Indonesia juga belum banyak yang menggunakan sumber energi apai sebagai pemasok kebutuhan listriknya. Tidak hanya jarang, di Indonesia sendiri bahkan belum banyak perusahan yang benar-benar memanfaatkan keberadaan sumber energi api sebagai salah satu energi pembangkitnya. Nah, bagi anda yang belum banyak mengetahui tentang apa itu energi pembangkit listrik tenaga api atau PLTA maka pada kesempatan ini akan dibahas mengenai macam dan jenis dari sumber energi yang satu ini.

Jika mendengan PLTA maka yang terlintas dipikiran anda tidak hanya sebutan untuk pembangkit listrik tenaga air saja melainkan juga untuk pembangkit tenaga api. Energi api sebenarnya tersumber dari beberapa sumber energi yang langsung tersimpan di dalam bumi sebut saja energi matahari atau energi surya. energi geothermal atau energi panas bumi dan juga energi api yang dihasilkan dari pengolahan biomassa dan biofel, untuk kedua jenis energi ini maka silahkan baca di pemanfaatan energi alternatif bumi.

Pengertian energi api sendiri adalah energi yang tersumber dari bahan bakar api atau sumber energi yang menghasilkan panas api. Jika dilihat dari pengertian tersebut jelas jika sumber energi ini memiliki banyak potensi yang salah satunya dapat dimanfaatkan sebagai energi pembangkit listrik di suatu negara. Di luar negeri sendiri seperti Amerika, Eropa dan beberapa negara barat lainnya pemanfaatan energi api sudah banyak digunakan sebagai energi pembangkit yang juga dapat digunakan sebagai energi alternatif yang mana jumlah dari energi ini masih sangat melimpah dan belum banyak digunakan.

Energi Pembangkit Listrik Tenaga Api (PLTA)

Sumber energi pembangkit listrik tenaga api memiliki beberapa macam dan jenis berdasarkan sumbernya, di bawah ini adalah beberapa macam sumber energi api yang dapat digunakan sebagai energi pembangkit listrik di bumi:

  1. Energi Matahari atau Energi Surya

Tak dapat dibayangkan berapa jumlah energi panas yang terus diterima bumi dari pancaran sinar matahari, diketahui jika sumber energi panas matahari dapat diolah menjadi satu macam energi api yang mana dapat bermanfaat bagi cadangan pembangkit energi dunia. Untuk mengolahan energi matahari sendiri sebenarnya juga sudah banyak dilakukan, namun mengenai energi api yang tersumber dari matahari sendiri masih menjadi misteri dan belum banyak diketahui untuk pengolahannya.

  1. Energi Panas Bumi

Tahukan anda jika di dalam perut bumi kita ini menyimpan energi api yang sangat besar dan jumlahnya pun diperkitakan tidak akan habis meskipun digunakan sebagai energi utama di bumi. Energi panas bumi sendiri sebenarnya berasal dari aktivitas gunung berapi dan juga aktivitas magma tektonik di dalam inti atom bumi. Dapat diketahui berapa milyaran juta energi api yang tersimpan di sana.

  1. Energi Biomassa dan Bofel

Dua macam energi ini sebenarnya tidak jauh dari kehidupan kita sehari-hari, yang mana sumber energi biomassa dan biofel dihasilkan dari aktivitas perputaran organisme yang terus mengalami pelapukan alami misalnya saja seperti tumbuhan dan hewan. Salah satu macam penggunaan energi biomassa dan biofel yang sudah sering anda ketahui adalah pemanfaatan biogas sebagai energi pembangkit yang sudah banyak dimanfaatkan.

Bumi memang memiliki banyak sekali cadangan-cadangan energi yang tersumber dari berbagai jenis energi. Dari macam-macam sumber energi tersebut memang memiliki peran yang sangat besar bagi energi pembangkit listrik dunia salah satunya seperti pembangkit listrik tenaga api yang satu ini.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *