Energi Panas Bumi Indonesia

5 Daftar Pembangkit Listrik Terbesar di Dunia


5 Daftar Pembangkit Listrik Terbesar di Dunia

5 Daftar Pembangkit Listrik Terbesar di Dunia – Kebutuhan listrik yang terus meningkat setiap harinya membuat beberapa perusahaan besar berbondong-bondong melakukan peningkatan dari sektor pembangkit listrik yang ada. Di dunia sendiri kebutuhan akan listrik terus meningkat hal ini selain disebabkan oleh bertambahnya jumlah penduduk juga disebabkan perindustrian dunia yang juga semakin meningkat di sana sini. Kebutuhan listrik yang terus meningkat tentu menjadi kekuatiran tersendiri bagi sebagian pihak. Selain penggunaan yang tak diimbangi dengan pasokan, tentu hal ini semakin dikuatirkan jika kebutuah energi listrik dunia akan mengalami krisis dan penipisan di massa yang akan datang.

Di sejumlah negara pembangkit listrik terus di pasok dengan sejumlah sumber daya energi yang ada di bumi. Berikut ini adalah 5 daftar pembangkit listrik terbesar di dunia yang mana pasokannya melebihi pasokan listrik di sejumlah negara di dunia. Berikut penjelasannya lengkapnya :

5 Daftar Pembangkit Listrik Terbesar di Dunia

  1. PLTA Three George Dam di Negara China

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) ini adalah pembangkit listrik terbesar di dunia. Terletak di Distrik Yiling Yichang, Hubei China ini mampu menghasilkan pasokan listrik berkapasitas 22.500 MW dengan memanfaatkan waduk yang berasal dari aliran sungai Yang Tze. Saat ini tercatat sebanyak 32 turbin pembangkit listrik sudah dikerahkan dengan total energi masing-masing sebesar 50 MW dengan 2 generator pendung.

  1. PLTA Itaipu Dam Brazil dan Paraguay

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Itaipu adalah salah satu pembangkit listrik yang terletak di perbatasan antara negara Brazil dan Peruguay. Pembangkit listrik yang menggunakan aliran dari waduk Parana ini mampu menghasilkan tenaga listrik berkapasitas 14.000 MW. Pembangkit listrik tenaga air terbesar kedua setelah yanga da di China ini mampu menghasilkan tenaga terbesarnya pada tahun 2013 dan 2014 dimana total energi yang dihasilkan mencapai 98,6 TWh dan 87,8 Twh.

  1. PLTA Xiloudu di China

Pembangkit listrik tenaga air terbesar ke dua yang berada di China ini memanfaatkan aliran pada sungai Jinsha yang mana sungai ini terletak di dekat Kota Xiloudu daerah Yongshan Yunan, China. Selain digunakan sebagai sungai untuk menghasilkan tenaga listrik, ternyata sungai Jinsha juga digunakan sebagai wadah pengantisipasi terjadinya banjur yang melanda negara China sehingga tak heran jika sungai ini mampu menghasilkan tenaga listrik berkapasitas 13.860 MW.

  1. PLTM Gujarat Solat Park di India

Pembangkit listrik tenaga matahari (PLTM) atau tenaga surya ini terletak di bagian barat India. Taman pembangkit listrik terbesar ini memiliki luas sekitar 5.000 hektar. Pengguaan energi listrik yang ramah lingkungan ini diperkitakan akan menghemat sekitar 8 juta ton karbondioksida per tahunnya.

  1. PLTPB Geyser di Amerika Serikat

Pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB) ini merupakan yang terbesar di dunia. Geyser adalah salah satu komplek pembangkit listrik tenaga panas bumi yang beroprasi sejak tahun 1960 an. Terletak di bagian utara kota San Fransisco, California, Geyser mampu menghasilkan pasokan listrik sebesar lebih dari 1.500 MW dan menjadi satu-satunya pembangkit listrik tenaga panas bumi atau tenaga geothermal terbesar di dunia.

Itulah ke 5 daftar pembangkit listrik terbesar di dunia yang mana dihasilkan oleh beberapa negara maju yang memiliki kebutuhan listrik terbanyak di dunia. Saat ini kebutuhan listrik menjadi dasar untuk kehidupan manusia terutama untuk berbagai industri yang menggunakan listrik berkapasitas besar. Jumlah populasi penduduk yang terus meningkat juga menuntut penggunaan konsumsi listrik yang terus meningkat setiap tahunnya.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *