Energi Panas Bumi Indonesia

Proses Geologi Panas Bumi


Proses Geologi Panas Bumi

Proses Geologi Panas Bumi – Panas bumi adalah salah satu sumber energi panas yang berasal dari dalam kerak bumi dimana energi ini menyimpan potensi yang sangat besar untuk dapat dimanfaatkan. Energi panas bumi atau yang disebut sebagai energi geothermal merupakan potensi energi alternatif yang ada di bumi. Berasal dari dalam bumi, dimana berasal dari aktivitas tektonik dan juga pembentukan gunung berapi energi ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan salah satunya yang sudah banyak dilakukan adalah dibuat sebagai sumber energi pembangkit listrik bertenaga panas bumi. Saat ini untuk mendapatkan sumber energi panas bumi tentu harus dilakukan dengan kegiatan eksplorasi yang menggunakan teknik geologi panas bumi yang benar dan tepat agar dalam pemanfaatan potensi sumber energi terbesar bumi ini tidak berdampak buruk terhadap perkembangan ekosistem di bumi dan juga bumi itu sendiri.

Geologi panas bumi merupakan salah satu dari cabang ilmu geologi yang mana ilmu ini untuk mengetahui tentang keberadaan reservoir energi panas bumi yang ada di bawah permukaan tanah. Untuk mengetahui keberadaan akan energi panas bumi yang ada di dalam tanah sendiri tentu seorang ahli harus melakukan pengeboran. Dalam hal ini kegiatan yang dilakukannya tersebut disebut sebagai eksplorasi sumber energi panas bumi. Eksplorasi panas bumi sendiri adalah salah satu kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui dan mendapatkan sumber energi panas bumi yang kemudian untuk dimanfaatkan.

Keberadaan reservoir panas bumi sendiri memang begitu banyak di dalam permukaan tanah, namun untuk reservoir sendiri tidak dapat ditemukan di sembarang tempat. Hanya pada wilayah gunug berapi atau kawasan konservasilah yang memiliki banyak cadangan sumber energi panas bumi di bawahnya. Reservoir sendiri memiliki arti sebagai permukaan yang terdapat jebakan air asin yang kemudian terkena sinar matahari secara terus menerus yang mana pada bagian tersebut mengeluarkan uap dengan kekuatan dan suhu yang sangat tinggi. Untuk hasil dari reservoir sendiri lebih banyak dimanfaatkan sebagai pembangkit energi listrik tenaga panas bumi yang dapat digunakan untuk menyuplai kebutuhan listrik di suatu negara.

Tentang Geologi Panas Bumi (Geothermal Energi)

Geologi panas bumi dilakukan untuk memperoleh sumber panas bumi dengan metode dan teknik yang benar dan sempurna. Proses yang berkaitan dengan pengeboran ini memang memiliki beberapa tahapan yag harus dilakukan. Proses geologi memang tak dapat dilakukan oleh sembarang orang dan juga di sembarang tempat. Selain akan menimbulkan dampak, kebanyakan kegiatan ini hanya dilakukan oleh mereka para perusahaan besar seperti Pertamina, PLN dan perusahaan lainnya. Dilakukan untuk memperoleh sumber panas bumi yang ada di dalam tanah tentu teknik harus dilakukan untuk mendapatkan titik temu sumber energi panas bumi terbaik, agar ketika diambil energinya dapat menghasilkan tenaga dan juga skala yang besar.

Proses geologi panas bumi memang dapat dimanfaakan untuk memperoleh sumber energi panas bumi, selain dapat bermanfaat untuk beberapa pembangkit listrik dunia, Proses geologi ternyata juga memiliki dampak yang tidak kecil khususnya bagi lingkungan sekitarnya. Tak hanya berdampak terhadap lingkungan semata, melainkan juga dapat memberikan dampak bagi kehidupan di bumi dan kesehatan bumi. Sebagai kegiatan pengeboran tentu proses geologi panas bumi juga mirip dengan kegiatan geologi lainnya yang mana akan mengeluarkan gas buangan yang banyak. Namun, kelebihan dari salah satu sumber energi alternatif ini tidak terlalu banyak mengeluarkan gas buangan layaknya pengeboran minyak dan tambang lainnya. (Baca juga: kegiatan eksplorasi panas bumi)

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *