Energi Panas Bumi Indonesia

Potensi Panas Bumi di Indonesia


Potensi Panas Bumi di Indonesia

Potensi Panas Bumi di Indonesia – Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia, dengan jumlah penduduk yang semakin bertambah tentu penggunaan listrik di negara kita ini juga semakin bertambah setiap tahun bahkan setiap harinya. Penggunaan listrik tak serta merta hanya untuk kebutuhan rumah-rumah warga saja, melainkan industri yang semakin berkembang pesat juga menuntut akan bertambahnya jumlah listrik yang diperlukan. Saat ini Indonesia masih didukung dengan penggunaan listrik berbahan dasar minyak mentah, batu bara dan juga potensi sumber daya lainnya seperti air dan angin. Dengan semakin bertambahnya jumlah kebutuhan listrik negara, tentu cadangan dari beberapa sumber daya fosil yang dipercaya sebagai penyuplai utama listrik di Indonesia ini semakin hari semakin terkuras jumlahnya hingga diprediksi akan mengalami kehabisan dalam kurun waktu yang akan datang.

Kini beberapa energi terbarukan mulai dirambah untuk dipergunakan, salah satu sumber energi terbarukan yang mulai dipergunakan untuk daya penyuplai listrik dunia adalah energi panas bumi atau geothermal. Energi panas bumi atau energi geothermal merupakan salah satu bentuk energi terbarukan yang berasal dari dalam bumi. Energi ini tercipta dari aktivitas lempengan mantel bumi yang mengalami geseran dan menimbulkan adanya gerakan atau aktivitas tektonik dan juga aktivitas magma gunung berapi di dalamnya.

Sebagai salah satu negara yang memiliki jumlah gunung berapi terbanyak di dunia, tentu Indonesia memiliki potensi energi panas bumi dengan jumlah yang sangat banyak. Tercatat hingga 40% dari total sumber energi panas bumi dunia di produksi di Indonesia. Namun, dari jumlah tersebut hanya sekitar 5% dari total energi panas bumi di Indonesia yang baru di pergunakan. Angka yang sangat kecil mengingat jumlah dari potensi sumber daya panas bumi di Indonesia yang snagat melimpah ruah. Namun pada kenyataannya sumber daya energi tersebut justru belum banyak di pergunakan di negara kita yang satu ini.

Dengan posisi Indonesia yang berada di cincin api pasifik dimana negara ini di kelilingi oleh luasnya samudra pasifik, membuat Indonesia memiliki banyak keuntungan terutama dalam memanfaatkan potensi panas bumi sebagai salah satu pembangkit listrik perumahan warga dan juga industri. Dari sekian banyaknya jumlah energi panas bumi yang di produksi Indonesia justru terletak di kawasan hutan lindung dan juga kawasan konservasi dimana kawasan ini masih sangat dilindungi akan kegiatan eksplorasi yang dapat memberikan efek buruk terhadap lingkungan sekitar dan juga kehidupan di bumi.

Namun, setelah munculnya paraturan perundang-undangan yang menyebutkan jika kegiatan pemanfaatan panas bumi bukan lagi sebagai kegiatan pertambangan dan eksplorasi maka saat ini pemanfaatan potensi panas bumi di indonesia semakin digencot dengan beberapa perusahaan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTPB) yang mulai beroperasi. Beberapa perusahaan tersebut mengambil potensi energi panas bumi di beberapa reservoir yang tersebar di wilayah Jawa, Bali, Sumatera dan juga kawasan Sulawesi.

Saat ini sendiri sudah tercatat beberapa perusahaan besar pembangkit listrik tenaga panas bumi yang ada di Indonesia, salah satu perusahaan BUMN Indonesia yang bergerak dalam bidang pembangkit listrik tenaga panas bumi adalah Pertamina dan juga PLN Indonesia. Dengan semakin luasnya pengelolaan potensi geothermal di Indonesia maka sangat diharapkan pasokan akan kebutuhan listrik di negara ini semakin tercukupi dengan maksimal agar tidak lagi terjadi pemadaman listrik sebagai upaya penghematan listrik berjangka.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *